Senin, 22 September 2014

Datawarehouse Pert. 2


DATA MART

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Data Mart merupakan bagian dari data warehouse. Tetapi data mart memiliki karateristik yang sama dengan data warehouse, yang membedakan keduanya adalah Data mart ini digunakan untuk kepentingan cabang atau departemen dari suatu perusahaan atau organisasi. Jadi cakupan datanya lebih sempit dari data warehouse.

Walaupun demikian data mart juga memiliki banyak kelebihan. Kelebihan dari data mart ini diantaranya itu meningkatkan kinerja system komputer karena dia hanya fokus dalam satu pekerjaan dan dia juga memiliki historis data dimana kita dapat menganalisis ketidaktepatan suatu data. Namun data mart juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah yaitu nilai yang dimiliki terbatas pada departemennya saja, dia tidak bisa melihat secara keseluruhan perusahaan atau organisasinya maka dari itu laporan dan potensi analisisnya sangat terbatas.

METADATA

Metadata adalah salah satu aspek terpenting data warehousing dan sebagai srtruktur informasi yang menjelaskan sebuah informasi untuk mudah ditemukan kembali dan dikelola.

Contoh adalah di perpustakaan yang memerlukan metadata koleksinya agar proses penelusuran informasi lebih mudah maka dibuat katalog koleksi misalnya katalog buku. Di katalog tersebut di catat semua data yang penting yaitu Pengarang, Judul Buku, Tempat dan Tahun terbit, Subyek, Nomor klasifikasi, dan Tajuk Subyek.


Perbedaan Data Mart dan Data Warehouse


Tidak ada komentar:

Posting Komentar